• Bupati pantau UAN Tingkat SMA

    Bupati pantau UAN Tingkat SMA

    Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, S.E, M.Si, dan Wakil Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM bersama jajaran FORPIMDA (Forum Pimpinan Daerah) Kabupaten Tulungagung memantau pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) tingkat SMA/MA/SMK di beberapa sekolah yang ada di wilayahnya, Senin, 13 April 2015. Sekolah yang dipantau adalah SMK Negeri 2 Boyolangu, SMK Negeri 1 Boyolangu, SMK Negeri 3 Boyolangu, SMA Negeri 1 Boyolangu, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tulungagung, dan SMA Negeri 1 Pakel.

  • Tulungagung Tuan Rumah POR SD

    Kabupaten Tulungagung didaulat menjadi tuan rumah Pekan Olahraga (POR) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) VII 2015. Even yang dijadwalkan berlangsung Oktober mendatang itu bakal mempertandingkan 11 cabang olahraga (cabor). Yakni, atletik, senam, renang, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, sepak takraw, panahan, bola voli mini, pencak silat dan catur.

  • Tulungagung Siap Jadi Lumbung Beras Jatim

    Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Czi M. Reza Utama panen raya di Desa Grendeng Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Danrem 081/DSJ dalam pelaksanaan panen didampingi oleh Dirjen PSP, Bupati dan Wakil Bupati, Sekda, Dandim 0807/Tulungagung, Ketua DPRD Tulungagung dan Direktur PT. Agri Makmur Pertiwi, Kelompok tani, para tokoh masyarakat, para tokoh agama, dan tamu undangan. Adapun luas sawah yang akan dijadikan untuk panen raya seluas 60 Hektar yang dikelola oleh Kelompok Tani (Poktan) se-Tulungagung. Sementara jenis padi yang dipanen adalah padi Pak Tiwi-1. (14/4).

  • Di Sini, Masih Hanya Kami

    Di Sini, Masih Hanya Kami

    Dunia usaha selalu tidak lepas dari tantangan. Sejak merintis usaha pengolahan hasil laut sejak tahun 1999, Nuri dan Eni, sepasang suami istri, yang mengelola produk trasi dan krupuk dengan merk SIDEM ini juga tidak luput dari hantaman tantangan, baik berupa persaingan maupun kerugian akibat produk tidak laku di pasaran.

  • Tarik Jaring di Pantai Sidem

    Tarik Jaring di Pantai Sidem

    Daerah Kabupaten Tulungagung bagian selatan memiliki banyak pantai yang digunakan sandaran perahu para nelayan penangkap ikan. Salah satu pantai tersebut adalah pantai Sidem yang berada di wilayah desa Besole, kecamatan Besuki, Tulungagung. Pantai ini memiliki panjang kawasan sekitar satu kilometer. Pantai Sidem tidak menghadap langsung laut lepas tetapi berada di sebuah teluk menghadap dua pulau batu karang di tengah laut sehingga ombak tidak begitu besar. Selain menggunakan perahu berbagai ukuran, ada sebagian nelayan pantai Sidem yang dalam kegiatan menangkap ikan menggunakan satu alat khusus bernama “jaring tarik”. Itulah sebab dalam kegiatan menangkap ikan menggunakan alat ini dikenal sebagai “tarik jaring”.

  • Pendidikan Sebagai Upaya Penting Pengembangan Bahasa Daerah

    Pendidikan Sebagai Upaya Penting Pengembangan Bahasa Daerah

    Lebih dari 100 peserta lintas sektor, pemerintah, akademisi, budayawan, praktisi Bahasa Jawa, guru, hadir dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Bahasa dan Sastra Jawa di Hotel Royal Orchids Garden Hotel & Condominium, Kota Batu. Kegiatan yang diselenggarakan Biro Administrasi Kemasyarakatan Setda Provinsi Jawa Timur ini bertujuan kembali menghidup suburkan Bahasa Jawa sebagai bagian dari kekayaan budaya lokal Jawa Timur, serta menyusun beberapa usulan dalam mempersiapkan kontingen Jawa Timur dalam Kongres Bahasa Jawa VI yang akan dilaksanakan di Yogyakarta tahun depan (2016).

  • Pendampingan Pewarta Desa Kesambi Saat Listrik Padam

    Pendampingan Pewarta Desa Kesambi Saat Listrik Padam

    Hujan disusul padamnya listrik mewarnai kegiatan Pendampingan Pewarta Desa Kesambi, Minggu (5/4) malam. Kegiatan pendampingan ini merupakan tindaklanjut Pelatihan Pewarta Desa Kesambi yang dilaksanakan seminggu sebelumnya, Senin (30/3) di tempat yang sama, Posko SIDeKa (Sistem Indormasi Desa dan Kawasan) yang menempati sekretariat Kelompok Wanita Tani Kesambi.

  • Desa Kesambi Siap Buka Diri Melalui Web Desa

    Desa Kesambi Siap Buka Diri Melalui Web Desa

    Senin, 30/3, sejumlah 12 warga dari Desa Kesambi, kecamatan Bandung, kabupaten Tulungagung, mengikuti pelatihan Pewarta Desa. Acara yang difasilitasi oleh Tjut Zakiyah Anshari dari Relawan TIK Tulungagung itu dalam rangka mendukung pengelolaan website Desa Kesambi yang diluncurkan pada bulan ini. “Dengan adanya pelatihan Pewarta Desa bagi warga Desa Kesambi diharapkan mereka nantinya dalam mengunggah aneka informasi dan potensi desa melalui Website Desa dengan kualitas yang cukup baik, terutama bagaimana mewartakan segala informasi desa menggunakan teknik jurnalistik,” ungkap Tjut Zakiyah Anshari yang biasa dipanggil Bunda Zakyzahratuga itu.