Kamirin dan hasil karyanyaPotensi para pengrajin bambu yang selama ini banyak berada di wilayah Tulungagung ternyata dilirik banyak orang untuk ikut serta membina dan mengembangkan usaha tersebut. Salah satu warga yang melirik industri kerajinan bambu buatan warga ingandaya ini adalah Kamirin (41 tahun) warga RT 01 RW 07 Kelurahan Tretek Kecamatan Tulungagung.

Daya kreativitas dan imajinasi tinggi yang dimiliki oleh bapak dua putra ini mampu menghasilkan berbagai kerjainan dari bahan dasar bambu, kayu, limbah pohon pisang, sisa gergaji kayu, dan limbah pepohonan bisa diciptakan.

"Yang melatarbelakangi saya melirik usaha anyaman bambu ini adalah karena di Tulungagung saat ini masih banyak terdapat para pengrajin anyaman bambu yang terdapat di desa-desa di Tulungagung ini," ujarnnya.

"Dalam membuat kerajinan anyaman dari bahan dasar bambu ini, banyak para pengrajin masih menciptakan anyaman dengan bentuk tradisional yang monoton sehingga mengurangi minat beli masyarakat, untuk itu saya mencoba membina mereka untuk membuat model yang lebih modern dan motif yang lebih baik sehingga anyaman bambu produksi warga ini bisa bersaing dengan pengrajin lain di luar Tulungagung. Prinsip saya, ingin memajukan Tulungagung di bidang kerajinan anyaman bambu ini," imbuh pria jebolan SMIK Tulungagung tahun 1994 ini pada reporter.

Meski saat ini sering mendapatkan pesanan namun bukan berarti dalam penjualan hasil kerajinan Kamirin tidak mengalami kendala. Salah satu kendala yang saat ini dihadapi adalah Karmirin belum mempunyai show room atau ruang pamer khusus untuk menjajakan produksi anyaman ini di tempat yang strategis.

Untuk itu, dirinya berharap mendapatkan bantuan dari pihak lain dalam pembuatan show room dan penambahan modal sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan usaha kerajinannya.

"Untuk mengenalkan usaha kerajinan ini saya memanfaatkan ruang tamu menjadi show room, sementara pemesan banyak datang sendiri ke rumah, mereka ada yang datang dari luar kota Tulungagung," imbuh Kamirin yang memberi nama usahanya dengan nama Kharisma Ornamen ini pada reporter. (Nug/Humas)



Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • No comments found