Pada tanggal 19 Juni 2013 yang lalu Kabupaten Tulungagung menerima kunjungan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Selatan. Kunjungan kerja tersebut sesuai dengan surat dari Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Selatan, tanggal 11 Juni 2013, nomor: 412/544-UEM/BPMPD, perihal Fasilitasi Fieldtrip ke Jawa Timur dan Jawa Tengah. Rombongan berjumlah 22 (dua puluh dua) orang yang dipimpin oleh Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat. Agenda kerja dari kegiatan tersebut adalah melihat langsung lokasi binaan atau percontohan Badan Usaha Milik Desa, Laboratorium Lapang (Labsite) dan Teknologi Tepat Guna di Kabupaten Tulungagung.

Dalam pendampingan ke lokasi kunjungan, Kabupaten Tulungagung diwakili oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, khususnya 2 (dua) bidang, yaitu Bidang Sumberdaya Alam dan Teknologi Tepat Guna serta Bidang Pengembangan Perekonomian masyarakat. Lokasi tujuan yang dikunjungi adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) "Al Hidayah" Desa Gondang - Kecamatan Gondang yang merupakan salah satu lokasi percontohan BUMDes Tingkat Nasional di bawah binaan Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malang.

Dalam pertemuan tersebut dijelaskan bahwa begitu pentingnya menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa. Tindak lanjut tersebut dapat berupa sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan Pemerintahan Desa tentang pentingnya pembentukan BUMDes untuk menghidupkankan kembali geliat perekonomian masyarakat lewat penyatuan semua unsur lembaga perekonomian desa yang ada menjadi sebuah kekuatan baru yang akan memberikan dorongan secara positif terhadap Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan apresiasi kepada BUMDes Al Hidayah karena dengan keuletan seluruh jajaran pengelola yang mampu membesarkan BUMDes menuju kasta tertinggi serta masyarakat Desa Gondang - Kecamatan Gondang yang turut andil dalam pengembangan sekaligus pandai memanfaatkan peluang yang ada menjadi sebuah kesuksesan berusaha. Tidak lupa beliau juga menyampaikan niat, tekad dan keinginannya untuk bekerja sama lintas provinsi dalam rangka membuka peluang pasar dan usaha agar lebih dikenal pada khalayak ramai seantero Indonesia bahkan diaharapkan mampu menembus pangsa pasar Internasional.

Wujud dari eksisnya BUMDes Al Hidayah Desa Gondang adalah semakin meningkatnya lembaga binaan BUMDes dan berkembangnya permodalan/aset kelembagaan BUMDes tersebut. Usaha lembaga binaan BUMDes "Al Hidayah" sangat bervariatif, mulai dari kerajinan dari anyaman bambu, jual beli besi tua, kerajinan pisau dan alat - alat rumah tangga, usaha pertokoan, usaha bordir serta konveksi. Yang ingin ditularkan untuk kemajuan perkembangan BUMDes adalah bagaimana BUMDes ini menjadi sebuah lembaga ekonomi idaman masyarakat yang membutuhkan dorongan untuk mengembangkan usahanya tanpa melibatkan unsur kredit yang membelit leher masyarakat kecil. (BPMPD-doc)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • Makanja

    Dengan giatnya birokrasi mengurusi ekonomi masyarakat seperti ini, saya optimis bahwa bangsa kita akan mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain. Koordinasi dan teknologi baik analog maupun digital seperti komputer merupakan kunci dari kemajuan bangsa.