Jaringan baruTahun 2011 PDAM Tulungagung akan mendapat dana hibah dari USAID (United States Agency International Development) untuk program air minum sebesar 2 miliar rupiah untuk biaya sambungan rumah 1000 unit bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Adapun syarat-syarat untuk mendapatkan program Hibah Air Minum sebagai berikut:

  1. Pengguna listrik calon penerima manfaat tidak lebih dari 1300 VA.
  2. Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyediakan dana talangan untuk pembiayaan pemasangan sambungan rumah tersebut dan akan diganti oleh Pemerintah Amerika Serikat (dana USAID).
  3. Perda PMP (Penyertaan Modal Pemerintah) untuk menentukan dana talangan.
  4. Bersedia dan memenuhi persyaratan sebagai pelanggan PDAM.

Program tersebut telah diadakan sosialisasi pada bulan Desember 2010 di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Gondang dan Pagerwojo yang dibangun jaringan baru baik transmisi maupun distribusi dan sekaligus telah dibangunnya IPA 20 lt/dt di Gambiran maupun di Argowilis Sendang, dana tersebut diperuntukkan untuk subsidi kepada masyarakat berpenghasilan rendah.

Untuk subsidi sambungan rumah dari harga semula Rp. 600.000,00 turun menjadi Rp. 200.000,00 dana tersebut di samping untuk subsidi kepada calon pelanggan juga dimanfaatkan untuk pengembangan jaringan pipa transmisi dan distribusi.

Dalam kaitan tersebut PDAM telah menugaskan tim untuk pendataan dan pemetaan ke seluruh wilayah Tulungagung, diharapkan target calon pelanggan bisa terpenuhi dalam bulan Januari 2011 dan untuk pelaksanaan penyambungan sambungan rumah dilaksanakan setelah disahkannya perda tentang PMP yang sekarang dalam proses penggodokan di DPRD Kabupaten Tulungagung.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • No comments found