Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan kewenangan Otonomi Daerah di bidang Pertanian Tanaman Pangan. Hal ini tertuang dalam Peraturan Bupati Tulungagung nomor 30 Tahun 2008 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung.

Berdasarkan Keputusan Bupati tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung mempunyai kedudukan:

  • Dinas Pertanian Tanaman Pangan merupakan unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten.
  • Dinas Pertanian Tanaman Pangan dipimpin oleh seorang kepala yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Sedangkan tugas Dinas Pertanian Tanaman Pangan adalah:

"Melaksanakan Kewenangan Otonomi Daerah Dibidang Pertanian Tanaman Pangan"

Untuk menjalankan tugas tersebut, Dinas Pertanian Tanaman Pangan mempunyai fungsi sebagai berikut:

  • Merumuskan kebijakan teknis di bidang pertanian tanaman pangan.
  • Pemberian perijinan dan pelaksanaan pelayanan umum di bidang pertanian tanaman pangan.
  • Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Dinas dan Cabang Dinas di bidang Pertanian Tanaman Pangan.
  • Pengelolaan urusan kesekretaristan Dinas.

 

VISI

Sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung serta melihat latar belakang dan mencermati fenomena-fenomena yang ada, maka visi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung adalah:

"Mewujudkan Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura yang Berwawasan Agribisnis Berkelanjutan, Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Tani"

Pernyataan Visi Dinas Pertanian Tanaman Pangan sepenuhnya mengacu pada pernyataan visi Kabupaten Tulungagung yaitu : “Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat Dalam Suasana Kerukunan Dan Kebersamaan Melalui Pembangunan DIHATIKU INGANDAYA”.

Hal ini dapat dipahami mengingat Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung merupakan bagian integral dari Pemerintah Kabupaten Tulungagung, sehingga sudah selayaknya visi Dinas Pertanian Tanaman Pangan sepenuhnya mendukung terwujudnya visi Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Di masa mendatang Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung berkeinginan menjadi fasilitator pembaharuan manajemen Pemerintah di bidang pertanian. Dalam konteks tugas pelaksanaan dan fungsi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung, pembaharuan menajemen Pemerintah di bidang pertanian ini diharapkan dapat mendukung upaya mencapai good governance melalui peningkatan akuntabilitas publik oleh segenap jajaran manajemen pemerintahan mulai pusat hingga di daerah.

Sementara itu, penguasaan teknologi dapat dikerangkakan sebagai visi untuk mewujudkan pelaksanaan penyelenggaraan akuntabilitas secara profesional. Dengan demikian, visi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung akan secara harmonis mewujudkan visi pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui koridor Care Business-nya, yakni pembangunan berkelanjutan dibidang pertanian tanaman pangan.

 

MISI

Terwujudnya visi yang dikemukanan pada bagian sebelumnya merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh segenap personil Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung sebagai pelaksana tugas di bidang pertanian tanaman pangan. Sebagai bentuk nyata dari visi tersebut, ditetapkanlah misi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung yang menggambarkan hal yang seharusnya terlaksana, sehingga hal yang masih abstrak terlihat pada visi akan lebih nyata pada misi tersebut. Lebih jauh, pernyataan misi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten memperlihatkan kebutuhan apa yang hendak dipenuhi oleh Dinas, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut dan bagaimana Dinas memenuhi kebutuhan tersebut.

Misi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung ditetapkan sebagai berikut:

  1. Mengelola sumberdaya alam pertanian secara optimal dan berkelanjutan.
  2. Memperluas jangkauan pembangunan pertanian melalui diversifikasi teknologi, sumberdaya, produksi dan konsumsi.
  3. Mengoptimalkan agribisnis untuk meningkatkan pendapatan masyarakat tani.
  4. Mewujudkan kemandirian masyarakat tani dalam berusaha tani.

 

Misi tersebut disusun dengan mempertimbangkan adanya kebutuhan dan tuntutan pada masyarakat yang menginginkan adanya akuntabilitas penyelenggara pemerintahan, adanya aparatur yang bersih, dan terselenggaranya manajemen pemerintahan di bidang pertanian tanaman pangan yang baik. Pemenuhan kebutuhan publik itu dijadikan misi yang hendak dicapai oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung yaitu melalui upaya mewujudkan akuntabilitas publik sebagai salah satu pilar dari Good Governance bersama dengan dua pilar lainnya yaitu transparansi dan partisipasi. Pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan dengan jalan mengimplementasikan program dan kegiatan kepada masyarakat melalui pembinaan teknis dan layanan yang prima.

Aspek peningkatan kinerja dalam misi Dinas juga sebagai upaya untuk membantu masyarakat khususnya petani dalam upaya meningkatkan pendapatannya.

 

KEBIJAKAN

Arah kebijakan yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung akan ditempuh melalui 4 (empat) langkah yaitu:

  1. Membangun bidang pertanian ke arah agribisnis dan agroindustri dengan memperkuat sistem pertanian dalam arti luas.
  2. Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pertanian dalam arti luas guna menjaga sistem produksi pertanian dengan baik.
  3. Peningkatan efisiensi, produksi, daya saing dan nilai tambah produksi pertanian dalam arti luas disertai dengan pembinaan intensif untuk mendorong peningkatan eksport produk-produk pertanian.
  4. Peningkatan dan pengembangan kualitas sumberdaya manusia pertanian dan fungsi kelembagaan pertanian.

 

STRUKTUR ORGANISASI