Peresmian PATEN Kecamatan Kedungwaru

Pemerintah Kabupaten Tulungagung meresmikan PATEN atau biasa disebut Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan  pada  Jumat 24 Maret 2017, PATEN  diresmikan atau dilouncing di Kecamatan Kedungwaru. Selain dihadiri oleh Bupati Tulungagung Syahri Mulyo. SE, Msii acara ini juga dihadiri oleh Kepala OPD pada lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung serta dihadiri oleh seluruh Camat se-Tulungagung,  Kepala desa dan Ketua BPD sewilayah Kedungwaru.

Sesuai dengan amanat UUD 1945 untuk melayani hak  kebutuhan dasar setiap warga Negara dan penduduknya dalam kerangka pelayanan public, yang selanjutnya dijabarkan dalam UU No,25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik maka PATEN menjadi satu jawaban bagi kebutuhan masyarakat. Kemudian diadopsi kedalam UU nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dimana disebutkan dalam pasal 4 pengaturan Desa bertujuan meningkatkan pelayanan public bagi warga masyarakat Desa guna mempercepat perwujudan Kesejahteraan umum. Sedang dalam Undang –Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bertujuan untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan public.

Dalam sambutan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo mengajak kepada jajaran Aparatur Sipil Negara di Kecamatan Kedungwaru untuk bersama sama mengedepankan Supermasi Hukum dalam penyelenggaraan pemerintah maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta merubah paradigma lama dari Pangreh Praja menjadi Abdi Praja dalam arti merubah maind set aparatur pemerintah yang minta dilayani menjadi aparatur yang mampu melayani dengan ramah dan tulus.

Adapun penyenggaraan PATEN ini berpedoman pada Peraturan Bupati No. 27 Tahun 2015 tentang Pelimpahan Sebagian Wewenang Pelayanan Perijinan dan Non Perijinan dari Bupati Tulungagung Kepada Camat. Didalam memberikan pelayanan PATEN diharapkan tetap menerapkan Standart Operasional Prosedur (SOP) dan Inovasi Pelayanan.

Camat Kedungwaru Anang Pratistianto, S.T, M.Si menyampaikan bahwa pada pelayanan masyarakat dapat memantau secara online melalui website : www.kecamatankedungwaru.id. Melalui website ini masyarakat bisa memantau perkembangan pelayanan public yang ada di kecamatan Kedungwaru. Gerakan One Village One Product atau satu desa dengan satu produk unggulan juga sudah diterapkan di 19 desa yang ada di kecamatan Kedungwaru. Yang cukup menonjol diantaranya Pembentukan kawasan wisata religi di desa Tawangsari, Winong, Majan dan Mangunsari. Pembentukan kampong matematika dan literasi di desa Bangoan. Serta beberapa produk unggulan di desa-desa lainnya yang tetap mengedepankan kearifan lokal disetiap desa,selain hal tersebut potensi lain yang diandalkan diantaranya tanaman tebu dan jeruk yang terus mengalami perkembangan baik.

Diharapkan dengan difasilitasi PATEN dapat membantu menggerakkan dan mengembangkan dalam pelayanan kepada masyarakat serta dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dalam upaya menuju masyarakat Tulungagung yang Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto. (Diskominfo)

Last modified on Friday, 24 March 2017 11:57

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • No comments found