Diskominfo

Diskominfo

Rusunawa yang merupakan singkatan dari Rumah Susun Sederhana Sewa adalah perumahan vertical, yang pembangunannya bertujuan menjadikan salah satu alternative pemerintah dalam memecahkan permasalahan akan kebutuhan perumahan dan permukiman. Berdasarkan Undang Undang Rumah Susun nomor 20 tahun 2012 Rusunawa diperuntukan bagi masyarakat perkotaan yang tergolong berpenghasilan rendah, atau masyarakat menengah bawah guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat itu sendiri.

Festival Dalang Pelajar SD dan SMP

Kekayaan Seni budaya Indonesia luar biasa beragam, salah satunya wayang yang sarat dengan falsafah hidup dan merupakan budaya adiluhung peningalan leluhur. Meskipun mungkin agak berbeda dengan tempo dulu, wayang tetap memegang nilai yang tertanam di dalamnya yaitu Hamot, Hamong dan Hamemangkat sehingga tidak lekang oleh dinamisnya zaman. Di Indonesia sejumlah dalang kondang telah banyak di kenal masyarakat, sebut saja Ki Manteb Sudarsono, Ki Anom Suroto, Ki Enthus Susmono dan lainnya. Bahkan tahun 2003 UNESCO menetapkan wayang sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Melihat fenomena ini Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung tidak ingin ketinggalan menyelenggarakan  “Festival Dalang Cilik” dalam rangka menstimulan animo dalang anak dan remaja untuk mengikuti festival dalang yang masih cukup besar.

Jambore Kader Taman Posyandu Percontohan

Posyandu merupakan bentuk peran serta masyarakat di bidang kesehatan yang dikelola oleh kader dengan sasaran seluruh anggota masyarakat. Dalam perkembangannya untuk meningkatkan kualitas posyandu, kegiatan diintegrasikan dengan program pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB) yang disebut sebagai taman posyandu. Posyandu adalah salah satu jenis upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang mempunyai daya ungkit besar terhadap penurunan angka kematian bayi, posyandu diselenggarakan oleh kader yang terlatih dibidang kesehatan yang berasal dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat yang di bantu oleh tenaga kesehatan.

Peresmian PATEN Kecamatan Kedungwaru

Pemerintah Kabupaten Tulungagung meresmikan PATEN atau biasa disebut Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan  pada  Jumat 24 Maret 2017, PATEN  diresmikan atau dilouncing di Kecamatan Kedungwaru. Selain dihadiri oleh Bupati Tulungagung Syahri Mulyo. SE, Msii acara ini juga dihadiri oleh Kepala OPD pada lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung serta dihadiri oleh seluruh Camat se-Tulungagung,  Kepala desa dan Ketua BPD sewilayah Kedungwaru.

Musrenbang atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan, adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka penyusunan rencana pembangunan daerah. Bertempat di Crown Tulungagung, Senin 20 Maret 2017 berlangsung kegiatan Musrenbang Kabupaten Tulungagung 2017. Kegiatan dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati Anggota Forkopimda, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Provinsi Jatim,  seluruh Kepala OPD, Kepala Instansi Vertikal, LSM, civitas Akademika, tokoh masyarakat dan Organisasi Masyarakat.

Program Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik

Jumlah kasus dan kematian akibat DBD (Demam Berdarah Dengue) Kabupaten Tulungagung terus meningkat sebagaimana terlapor tahun 2016 sebanyak 1019 kasus dengan 24 kematian. Upaya pengendalian terus di tingkatkan oleh Dinkes Kabupaten Tulungagung, prioritas utama ditekankan pada Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN ) dengan penatalaksanaan penderita DBD dalam meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan bermutu.

Bersih-Bersih Pantai Gemah Tulungagung

Tanggal 21 Pebruari 2017 “Nenek Moyangku Seorang Pelaut Bukan Pembuang Sampah Ke Laut” tagline pada puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017. Bertempat di Pantai Gemah yang berada di Desa Keboireng Kecamatan Besuki,  dilaksanakan bersih-bersih pantai dari sampah-sampah yang berserakan disepanjang bibir pantai sepanjang 2 kilometer. Tema Besar Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional adalah “Melaksanakan Pengelolaan Sampah Terintegrasi Dari Gunung, Sungai Kota, Pantai Hingga Laut Untuk Menujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020”